Tips Desain Partisi Interior Ruangan

Tags: Tutorial


Partisi ruang adalah pembatas yang digunakan untuk membedakan dua atau lebih fungsi ruang yang berbeda. Fungsi utama ruang yaitu sebagai tempat untuk melakukan aktifitas yang diperlukan. Dan besaran ruang ataupun bentuk seharusnya direncanakan dari awal berdasarkan fungsi ruang. Namun apabila Setelah di bangun, ruang tersebut ingin dirubah fungsinya oleh pemilik, maka tidak usah kuatir intuk mendesain interior seperti ini.

Tips mendesain ruang dengan partisi adalah sebagai berikut:

1. Buat ruangan anda menjadi dua fungsi berdasarkan jenis partisi

a. Bila anda membuat ruang yang baru namun dengan sifat yang berbeda maka anda dapat menambahkan dengan partisi tempel. Misalkan anda memiliki ruang tamu yang luas (Sifatnya umum) kemudian anda ingin membuat kamar (Sifatnya pribadi) maka anda dapat menggunakan multiplek dan di tempel rapat dalam tembok dengan menggunakan konstruksi kayu.
b. Bila anda membuat ruang yang baru dengan sifat yang sama (ruangan bersifat umum dengan umum ataupun sebaliknya) maka anda dapat menambahkan dengan partisi sekat. Dalam bahasa jawa disebut sekat rono. Partisi ini digunakan untuk membuat ruang memiliki fungsi yang berbeda. Sekat ini tidak harus terutup. Dapat berupa rak buku terbuka, tirai-tirai, papan rotan hias agar ruang teidak terlihat sempit.

2. Buat ruangan dengan tema yang sama namun berbeda fungsi. Hal ini akan terlihat pada keindahan estetika yang serasi.

3. Sekat yang multifungsi lebih baik digunakan, karena biasanya orang melakukan sekat ruang karena keterbatasan tempat.

4. Hindari sekat yang berat dan membahayakan. Contoh menaruh akuarium, sekat kayu yang berat dan, sekat kaca, sekat patung. Sekat pada intinya tidak menggunakan konstruksi pembatas ruang. Kalaupun menggunakan konstruksi yaitu menggunakan konstruksi kayu dengan sekat multiplek.

Maka dari itu rencanakanlah dengan matang bentuk bangunan milik anda. Sekat rumah adalah jalan terakir anda, kami harap dengan tips tadi dapat membantu anda, terimakasih.

Pasangan yang memili dua anak biasanya terkendalan masalah itu. Pada awalnya anak bisa berada dalam ruangan yang sama, tapi semakin besar anak pun membutuhkan privasi. Bagaimana cara membuat sekat  dinding yang praktis?

  1. Gunakan Furnitur

Furnitur bisa menjadi sekat ruangan yang praktis dan efisien. Contohnya adalah memanfaatkan lemari. Dimensi lemari yang besar layak untuk dijadikan sekat dinding.

Ada dua syarat agar furnitur bisa menjadi sekat dinding. Furnitur itu harus memiliki dua sisi yang terolah dan tidak untuk dipindah-pindahkan lagi (statis)

  1. Gunakan Sekat panel

Panel seperti papan gipsum atau rangka besi hollow berisi fiber bisa menjadi penyekat untuk ruang-ruang semiprivat. Sifatnya ringan dan mudah dibongkar jika dibutuhkan. Sekat berupa rangka cocok juga digunakan di kamar tidur anak.

  1. Manfaatkan Elemen Alam

Salah satu elemen alam yang digunakan adalah water feature berupa air terjun.  Sekat alami ini bisa membagi ruang menjadi dua bagian dan tidak kaku. Menyekat dengan cara ini cukup ampuh untuk diterapkan di ruang publik, seperti ruan keluarga dan ruang tamu. (Indra ZP/Idea)

6. Jika Anda tidak memasang besi penahan tirai di rumah, Anda tetap bisa menggunakan kain untuk memisahkan ruangan menjadi dua bagian. Caranya, gunakan pipa sebagai penahan kain.

9. Headboard tempat tidur dapat memiliki fungsi lain untuk membagi ruangan menjadi dua atau menyekat ruang tidur dengan kamar mandi.

10. Ruangan sempit yang terbuka dapat menjadi lebih fleksibel dengan menggunakan pemisah ruangan seperti dinding hijau portabel berikut. Tambahkan juga beberapa tempat duduk dan meja untuk membuat ruangan ini menjadi tempat untuk duduk santai.

Bagikan ya, soalnya teman-temanmu butuh info ini


Customer Service

0823-2379-5225 (telepon/Whatsapp/SMS)